Tips Menjadi Penulis dan Menulis

by - Mei 16, 2017


Oke, saya disini akan berbagi info tentang bagaimana caranya menjadi penulis dan Menulis berdasarkan yang saya tau atau yang pernah saya alami, Silakan:

1. Niat
    Niat adalah yang utama dalam melakukan kegiatan ini. Jika tidak ada niat sepenuh hati pasti akan terhenti di tengah jalan dan otomatis anda gagal untuk menjadi penulis.

2. Membaca
   Ini adalah Point selanjutnya, jika kamu ingin mendapatkan materi untuk menulis maka kamu harus rajin membaca, entah itu buku fiksi atau non-fiksi. Jika kamu malas membaca maka kamu belum tentu bisa menjadi penulis yang sebenarnya. Karna membaca dan Menulis adalah Satu Paket.


3. Temukan Inspirasi
   Untuk membuat suatu cerita tentu kamu harus mendapatkan Inspirasi terlebih dahulu. seperti Point sebelumnya, Inspirasi juga dibutuhkan. Inspirasi bisa didapat dengan berbagai Cara, Baik melalui Khayalan maupun karna suatu kejadian atau objek. Kalau saya sendiri tidak tentu Kapan mendapatkan Inspirasi, kadang kala diwaktu yang tidak terduga dengan melalui Cara yang tadi saya sebutkan sebelumnya.

4. Kertas dan Pulpen
   Ini adalah benda yang harus kamu bawa kemana-mana. Karna kamu pasti akan membutuhkannya ketika kamu tiba-tiba mendapatkan Inspirasi secara tak terduga. Entah disaat kamu sedang keluar rumah dan kamu melihat sebuah kejadiaan atau kamu termenung dan tiba-tiba Inspirasi datang, akan sangat disayangkan jika kamu abaikan begitu saja hanya karna kamu tidak tau harus menyimpannya dimana sedangkan kamu sedang berada jauh dari rumah untuk itu kertas dan Pulpen amat sangat bagus untuk kamu bawa di dalam Tas kamu.

5. Latihan
   Sebagai permulaan untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu maka cobalah berlatih dengan membuat Sebuah Cerita Pendek (Cerpen) sederhana yang akan membuat kamu semakin menguasai cerita yang kamu tulis. Hingga Cerita Pendek itu nantinya akan menjadi Cerita Bersambung yang dapat menarik perhatian Pembaca bahkan kamu juga bisa menerbitkan sebuah Novel.

6. Judul Cerita
   Untuk masalah ini cobalah untuk membuat ceritanya terlebih dahulu baru judulnya. Karna jika Judulnya yang di buat terlebih dahulu pasti jalan cerita akan jauh melenceng, Saya pernah mengalaminya. Memang sebagian orang cenderung membuat Judul terlebih dahulu baru Ceritanya, yang menurut saya sedikit beresiko. Dan usahakan judul yang akan kamu buat Jangan terlalu panjang, hal itu akan membuat Pembaca Kurang tertarik. Buatlah judul yang menarik dan tidak melenceng dari cerita yang kamu buat, Sehingga pembaca akan banyak menghampiri ceritamu.

7. Penulisan
   Dalam menulis kamu juga harus memperhatikan tata cara penulisannya. Baik Titik koma, tanda tanya dan tanda seru. Usahakan menggunakan ejaan yang sesuai dengan EYD.

8.Publish
   Bagi kamu yang sudah membuat cerita tentu sangat disayangkan jika cerita yang kamu buat hanya tersimpan di dalam Laptop. cobalah untuk mempublishnya ke suatu web atau Blog yang kamu punya. hal ini juga bisa jadi percobaan untuk kamu mengetahui apakah ceritamu sudah menarik atau masih ada yang harus kamu perbaiki. Jika kamu takut mempublish karna takut Ceritamu akan dicuri maka Buatlah Blogmu aman dengan Link pelindung (Saya nggak tau apa namanya:D) sehingga blogmu tidak akan Di Copy-Paste oleh orang yang tidak bertanggung Jawab. Untuk Caranya kalian Bisa Searching di Mbah Google:D.

Mungkin cuma itu tips yang dapat saya berikan. Tips itu berdasarkan hal yang pernah saya Alami. Mohon maaf jika kurang lengkap, semoga bisa membantu Kamu-kamu yang berniat menjadi penulis:).

You May Also Like

0 komentar

ASURANSI (MATERI BANK & LEMBAGA KEUANGAN)

ASURANSI A suransi merupakan suatu mekanisme yang memberikan perlindungan pada tertanggung apabila terjadi risiko dimasa mendatang. Ma...